• Senin, 28 November 2022

Pemda Sekadau dan SIAR Siap Dukung Rencana Aksi Daerah Berkelanjutan Melalui Program SOPS

- Senin, 20 Desember 2021 | 19:04 WIB
Sekadau
Sekadau

SEKADAU, insidepontianak.com – Pemerintah Daerah Sekadau melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Sekadau bekerjasama dengan Sustainable Innovative Research (SIAR) menggelar Stakeholder Meeting, di Aula Hotel Multi, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (20/12/2021).

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau bersama Yayasan KEHATI dan SIAR melalui program Sustainable Palm Oil Support in Indonesia (SPOS Indonesia) dalam rangka mendukung Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan di Kabupaten Sekadau.

Pada kesempatan tersebut Kepala DKP3 Kabupaten Sekadau Sandae mengatakan bahwa, komoditas perkebunan khususnya kelapa sawit merupakan penopang perekonomian masyarakat Kabupaten Sekadau, dimana dimasa pandemi ini dengan harga yang relatif tinggi.

“Hal ini menunjukan pembangunan kebun kelapa sawit merupakan komoditas penting Kabupaten Sekadau dan perlu dipastikan berkelanjutan pengelolaannya,” kata Sandae.

“Selaras dengan program unggulan daerah yaitu IP3K, maka Kabupaten Sekadau berkomitmen dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan,” tandasnya.

Saat ini, tutur Sandae, Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD-KSB) sebagai wadah untuk melaksanakan pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan Kabupaten Sekadau sedang dalam proses penyusunan oleh Pemda Sekadau dengan didukung penuh oleh Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS).

Sementara itu Direktur SIAR Cabang Sekadau, Angga mengungkapkan bahwa kelembagaan petani swadaya sangat diperlukan dalam rangka mempermudah penghimpunan data base kepemilikan kebun rakyat dan informasi pendukung lainnya.

“Kelembagaan merupakan syarat wajib dalam hal Tata Niaga, Sertifikasi dan pelaksanaan program dan bantuan bagi petani,” ungkap Angga.

“Memperhatikan manfaatnya terhadap pelaksanaan pendataan kelembagaan, pemetaan dan pendaftaran usaha budidaya perkebunan  swadaya masyarakat,” pungkasnya.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penyampaian materi tentang Isu dan Tantangan dalam Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Kabupaten Sekadau yang dipaparkan oleh Kepala Bidang Perkebunan DKP3 Kabupaten Sekadau, Ifan Nurpatria.

Turut hadir pada acara tersebut perwakilan dari beberapa Dinas terkait diantaranya yaitu Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau, Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau, Bagian Perekonomian Setda Sekadau serta beberapa perwakilan dari pengelola perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Sekadau. (Ril)

 

 

Editor: Jaka Iswara

Tags

Terkini

Dua Hari Pencarian, Syahrul Ditemukan Meninggal

Selasa, 15 November 2022 | 19:16 WIB

Tingkat Konsumsi Ikan di Sekadau Belum Optimal

Kamis, 1 September 2022 | 18:43 WIB

Angka Stunting di Sekadau Tinggi, Capai 26,5 Persen

Selasa, 22 Maret 2022 | 16:02 WIB
X