• Jumat, 7 Oktober 2022

6 Fakta Menarik Balai Bahasa Kalbar, Anak Muda Harus Tahu

- Selasa, 27 Juli 2021 | 13:10 WIB
IMG_20210727_112217
IMG_20210727_112217

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kalian anak muda, bujang dare Kota Pontianak pastinya harus tahu hal menarik apa yang ada di Balai Bahasa Provinsi Kalbar.

Meskipun Balai Bahasa umumnya adalah tempat penelitian, pengembangan, dan pembinaan bahasa dan sastra di daerah tapi sebenarnya Balai Bahasa lebih dari itu lho sobat Inside.

Nah, menurut Kepala Balai Bahasa Kalbar, Suharyanto, ada sejumlah hal menarik yang bisa warga Kalbar, terutama para anak mudanya temukan di Balai Bahasa.

Cek fakta apa yang sudah dan telah dilakukan Balai Bahasa Kalbar? dan pastinya hal menaik apa yang bisa bujang dare temukan di sana?

1. Data kesastraan dan komunitas sastra di Kalbar

Bagi bujang dare yang memilki komunitas sasta atau lagi menimba ilmu di jurusan satu ini, kayaknya pas banget yaa untuk melihat referensi apa yang ada di Balai Bahasa.

Kalian bisa melihat data terkait komunitas sastra yang bisa kalian temukan dan bisa menjadi bagian dari komunitas ini. Tak hanya itu ternyata, Balai Bahasa memiliki koleksi buku sastra Kalbar terlengkap.

Data sastra lisan maupun modern masih tersimpan aman. Baik sastra karangan penulis senior maupun penulis muda.

Ensiklopedia Sastra Kalbar adalah salah satu kumpulan sastra yang ada hingga saat ini. So, tunggu apalagi datang dan nikmati kumpulan sastra menarik lainnya.

2 Uji kemahiran Bahasa Indonesia

Berikutnya, fakta menarik yang bisa kalian temukan di Balai Bahasa Kalbar ini adalah uji kemahiran Bahasa Indonesia. Uji kemahiran berbahasa adalah layanan yang diperuntukan individu atau per orang yang ingin mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Bagi kalian yang ingin ngetest sejauh mana kemampuan berbahasanya, bisa datang ke Balai Bahasa yaa.

3. Menyediakan tenaga bahasa atau tutor

Balai Bahasa juga menyediakan tutor bahasa lho. Kalian bisa merekomendasikan Balai Bahasa kepada warga asing yang datang ke Kalbar.

Tak hanya itu, warga asing nantinya akan mendapatkan bahan ajar dengan materi kelokalan dari Balai Bahasa. Pastinya ini akan memudahkan teman-teman dari berbagai negara yang khusus datang ke Kalbar.

4. Bengkel Sastra

Apa yang terbersit pertama kali saat mendengar Bengkel Sastra? Bengkel yang dimaksud di sini bukan bengkel tempat reparasi atau jasa perbaikan kendaraan tapi tempat aktivitas seni dilakukan.

-
Kegiatan Balai Bahasa Kalbar. Ist

Di Bengkel Sastra ini akan banyak diisi kegiatan atau pelatihan seni. Sebut saja sayembara cerita daerah seperti cerpen, musikalisasi puisi. Nantinya, dalam mengikuri lomba ini peserta akan mendapat pelatihan.

Di sana akan dilatih bagaimana improvisasi puisi yang baik seperti apa. Penulisan untuk guru, pelatihan bagaimana cerita rakyat bagi guru seperti apa.

Menarik bukan? Tertarik? Kalian bisa langsung datang ke Bengkel Seni Balai Bahasa Kalbar, gratis.

5. Menyediakan jasa transleter bahasa kuno Arab - Melayu

Kepala Balai Bahasa Kalbar, Suharyanto, menuturkan, sekitar abad ke 17 ketika wilayah Kalbar masih dikuasai para sultan, hak tanah diberikan kesultanan dalam bentuk surat bercap kerajaan.

Saat itu, kesultanan Melayu umumnya beragama Islam. Penggunaan huruf harian adalah bahasa abjad Jawi. Bahasa abjad Jawi adalah bahasa berkosakata perpaduan antara Arab dan Melayu.

Umumnya, dokumen tanah kala itu hanya cap kesultanan sudah sah. Seiring zaman dan era kekuasaan berganti, surat tanah berkosakata Arab-Melayu pun tidak berlaku.

Namun, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka tanah tersebut legal secara hukum. Apalagi, dikuatkan dengan dokumentasi terjemahan dari Balai Bahasa Kalbar yang diberi mandat untuk hal itu.

6. Tenaga Ahli

Balai Bahasa Kalbar memiliki tim tenaga ahli. Tim ahli ini biasanya dihadirkan oleh pihak-pihak terkait, seperti kepolisian dalam kasus pelibatan unsur bahasa.

Ahli bahasa akan dihadirkan untuk melihat apakah dugaan polisi terkait kasus yang melibatkan penggunaan bahasa memiliki unsur pelanggaraan atau di luar peruntukan penggunaan bahasa yang seharusnya.

Hasil analisis dari ahli bahasa yang kemudian dipakai sebagai acuan bagi tindak lanjut dalam mengambil keputusan di kasus tersebut.

Demikian rangkuman 6 fakta menarik yang bisa kalian sobat Inside dapatkan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa datang dan bertanya langung ke Balai Bahasa Kalbar di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.4 atau di akun resminya @balaibahasakalbar.

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Masih Relevankah Dongeng untuk Anak Kita?

Jumat, 11 Desember 2020 | 10:11 WIB

Meneroka Jejak Sastra Sufistik Kalbar

Senin, 23 November 2020 | 13:03 WIB

Binar Sastra di Tengah Pandemi Webinar

Minggu, 5 Juli 2020 | 09:47 WIB

Sastra Lisan Dayak Golik

Jumat, 29 Mei 2020 | 15:34 WIB

Bahasa dalam Forum Resmi

Selasa, 19 Mei 2020 | 08:00 WIB

Literasi Kita Kini

Sabtu, 9 Mei 2020 | 12:08 WIB

Penggunaan Istilah Asing di Masyarakat

Jumat, 8 Mei 2020 | 10:47 WIB

Istilah dalam Dunia Kosmetik

Kamis, 7 Mei 2020 | 12:27 WIB

Pengaruh Bahasa Korea pada Bahasa Remaja

Rabu, 6 Mei 2020 | 11:36 WIB

Sastra Kalimantan Barat Era Kekinian

Selasa, 5 Mei 2020 | 17:07 WIB

Literasi Arab Melayu

Senin, 4 Mei 2020 | 14:58 WIB

Datuk Maringgih dan Nasionalisme

Kamis, 30 April 2020 | 07:39 WIB

Mengenal PUEBI

Senin, 27 April 2020 | 07:34 WIB

Kesalahan Penulisan Gelar Dokter di Ruang Publik

Minggu, 29 Maret 2020 | 06:00 WIB

Multikulturalisme dalam Cerita Rakyat

Minggu, 22 Maret 2020 | 17:48 WIB

Ramadhan, Ramadon, atau Ramdhon?

Minggu, 8 Maret 2020 | 15:07 WIB

Mengenal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Minggu, 1 Maret 2020 | 15:44 WIB

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Minggu, 23 Februari 2020 | 13:28 WIB
X