• Jumat, 7 Oktober 2022

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

- Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB
IMG-20211227-WA0001
IMG-20211227-WA0001

PONTIANAK, insidepontianak.com. - Lembaga Seni Madura Kalbar resmi meluncurkan LASEM dengan batik tulis khas Madura Kalbar sebagai penandanya pada, Minggu (26/12/2021).

LASEM merupakan Sanggar Seni Budaya Madura Kalbar yang didirikan sebagai upaya melestarikan budaya Madura di tingkat lokal.

“Hari ini kita mengadakan giat soft Launching LASEM dengan batik Madura Kalbar dan tarian senam tantheng (tarian ) Madura atau disingkat dengan Setara,” kata Ketua LASEM kalbar Nurhasanah.

Nurhasanah mengatakan, LASEM mengupayakan pelestarian seni budaya dengan karya identik dan otentik. Di LASEM ada beberapa bidang di antaranya kreasi batik tulis, seni tari, dan kuliner.

LASEM bersifat bebas nilai dan berdikari dalam membentuk relasi-relasinya. Baik dengan masyarakat, kelembagaan maupun pemerintahan di tingkat lokal Kalimantan Barat maupun nasional dalam role model kebudayaan Madura,” ucapnya menjelaskan.

Di tempat yang sama, Sekretaris LASEM Kalbar, Syamhudi, menjelaskan, pada prinsipnya LASEM berupaya melakukan pelestarian budaya Madura Kalbar dengan pendekatan khasanah kearifan lokal masyarakat Kalbar.

Dalam berkarya, LASEM juga membuka ruang kolaborasi budaya lintas etnis. Seperti halnya momentum Pesona Madura Kalbar yang menjadi event tahunan LASEM di penghujung tahun.

“Sementara nama motif Batik tulis khas Madura Kalbar yg diluncurkan Kalbar dalam bingkai perdamaian," kata Syamhudi.

Dalam agenda ini, turut mengundang multi elemen masyarakat Kalbar. Khusunya pelaku seni budaya Kalbar.

Formasi LASEM Kalbar adalah Nurhasanah S.Pd.I sebagai Ketua, Syamhudi sebagai Sekretaris, dan Suryadi menjabat Bendahara. (rls)

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

LASEM Gelar Budaya Pesona Madura Kalbar

Senin, 27 Desember 2021 | 09:38 WIB

Rakusnya Monopoli Gas dan Mirisnya Nasib Rakyat

Minggu, 26 September 2021 | 17:49 WIB
X